7 Cara Membeli Android Second Bagus

7 Cara Membeli Android Second Bagus

7 Cara Membeli Android Second Bagus – Membeli Android second yang bagus adalah suatu tantangan bagi orang yang ingin memiliki ponsel Android dengan harga miring. Perlu di ingat, bahwa zaman sekarang banyak sekali ponsel Android murah tetapi punya spek tinggi. Sebut saja ponsel besutan Xiaomi, seperti Redmi 2 Prime, ataupun ponsel besutan Meizu yang mirip iPhone yaitu M2.

Penyebab Beli ponsel Android Second

Terkadang kamu ingin membeli Android dengan merek tertentu yang harga barunya mahal seperti Samsung Galaxy S6 Edge. Nah, karena budget terbatas kamu coba cari di Olx atau tanya teman-teman ada yang jual ponsel Samsung Galaxy S6 Edge yang second ga.

Ternyata temannya teman kamu ada yang mau jual Samsung S6 Edge karena di lilit hutang kebanyakan beli voucher game online. So, kamu segera meluncur ke tempat orang yang mau jual dan kamu cek 7 hal berikut sebelum beli itu Ponsel Android.

1. Cek Lamanya Garansi
Berapa Lama Lagi Garansi Ponselnya?
Semakin lama masa garansi, maka semakin bagus ponsel tersebut. Semakin tidak bergaransi, harga ponsel semakin bisa di negosiasikan.

2. Cek Nomor IMEI
Berapa nomor IMEI-nya? Apakah sama dengan Kotak?
Tekan *#06# untuk memastikan apakah nomor IMEI yang tertera sama dengan yang tertulis di kotak / kardus ponsel.

3. Cek Fisik ponsel
Cek dengan teliti, bila perlu bawa dokter ponsel untuk mengecek adakah lecet, goresan, dan cedera lainnya. Cek dengan perlahan bagian mesin ponsel, lihatlah apakah stiker segelnya sudah robek atau belum. Apabila stiker segel sudah robek atau tidak wajar, maka berarti ponsel tersebut sudah pernah di perbaiki.

Tanyakan juga kepada pemilik ponsel sebelum membeli, yaitu kondisi pemakaian ponsel tersebut.

Kamu juga bisa menerka kondisi fisik ponsel tersebut hanya dengan melihat beberapa hal kecil seperti terpasang tidaknya anti gores yang bagus, dan ada tidaknya case yang di pakaikan ke ponsel. Jika ada, maka bisa di duga bahwa ponsel tersebut terawat oleh pemilik sebelumnya.

Cek juga gembung tidaknya baterai ponsel. Bisa tidaknya charge dilakukan dan apakah port-port pada ponsel masih bekerja dengan baik. Tes juga untuk memutar musik untuk memastikan loudspeaker masih bagus.

Berikut adalah list fisik ponsel yang mesti di cek:

a. Cek layar apakah ada retak, goresan, dsb.
b. Cek loudspeaker apakah berfungsi dengan baik.
c. Cek buzzer dan mic, apakah suara untuk mendengar dan berbicara ketika membuat panggilan berjalan dengan baik.
d. Cek port handsfree, apakah port bisa digunakan untuk mendengar music / telepon melalui handsfree.
e. Cek port memory eksternal, apakah memory eksternal bisa berjalan dengan baik.
f. Cek tombol volume, apakah volume bisa di naikkan dan turunkan dengan bagus (tidak macet).
g. Cek port charger, apakah ponsel bisa di charge dan lancar.
h. Cek tombol fisik seperti tombol Home apakah berfungsi dengan baik.
i. Cek fungsi kamera depan dan belakang, apakah fisik bagus dan ketika di buka dari ponsel juga bagus.
j. Cek fungsi sensor proximity, apakah layar meredup ketika membuat panggilan dan ponsel di dekatkan ke telinga.
k. Cek fungsi sim-card apakah berfungsi dengan baik dan sinyal ponsel bisa di tangkap dengan baik.

4. Testing Kinerja Android
Setelah melakukan pengecekan fisik, buka aplikasi untuk melakukan panggilan dan tekan *#*#4636#*#* ini.

Kode in berisi menu informasi ponsel, informasi baterai, menampilkan stastitik penggunaan ponsel dan aplikasi. Juga bisa diketahui informasi tentang WiFi. Dengan testing ini, kamu bisa mengetahui berapa lama ponsel telah dipakai, dsb.

Cek fungsi Wifi dan Internet Selulernya dengan cara mati-hidupkan. Lihat apakah lancar atau tidak. Hal ini diperlukan karena sebagian besar ponsel sering bermasalah pada perangkat Wifi dan Internet Selulernya.

5. Survei Harga
Pastikan harga ponsel yang baru dan second sudah kamu ketahui sebelum bertemu orang yang mau menjual ponsel. Cari di google kisaran harga ponsel baru dan yang second agar kamu bisa membuat patokan harga yang pas dan menguntungkan kamu tentunya.

6. ponsel Sudah Root Belum

gambar root

Minta izin download aplikasi RootChecker dengan membuka Playstore dan search RootChecker. Setelah download, kamu bisa cek ponsel itu sudah pernah root belum.

Terkadang pemilik ponsel bilang belum pernah root, tetapi ternyata sudah pernah root.

Root tidaknya ponsel sangat besar pengaruhnya terhadap garansi. Apabila ponsel sudah pernah root, maka garansi ponsel akan hangus. Tentu saja, dengan mengetahui hal ini, kamu bisa menjatuhkan harga penawaran penjualan ponsel tersebut sebelumnya.

7. Kelengkapan ponsel
Kitab manual guide, bon pembelian dan kartu garansi sangat penting fungsinya. Jika ponsel ternyata tidak punya bon pembelian, kamu bisa cek di bagian mesin ponsel apakah ada stiker toko atau tidak.

Apabila ponsel tidak ada bon pembelian, dan hanya ada stiker toko sebagai garansi, maka kamu bisa memastikan bahwa ponsel tersebut hanya mendapat garansi toko. ponsel yang mendapat garansi toko, harganya lebih murah.

7 Cara Membeli Android Second Bagus di atas tidak wajib dilakukan ketika membeli ponsel second. Sebagian orang bermodalkan kepercayaan saja, membeli ponsel second tanpa melalui pengecekan.

Menurut saya, pengecekan sih sangat penting karena apabila nanti ke depannya jika ada masalah, kita sudah tau penyebabnya dan cara mengatasinya.

Terms: tutorial apabila mau membeli hp seken, cara ngecheck hp second j7 prime, Cara mengetahui hp baru dan bekas saat mwmbeli, cara mengecek kelayakan hp bekas samsung s7 edge, cara mengecek hp samsung s6 yang masih bagus, cara mengecek hp samsung s6 edge plus beli second, cara memeriksa hp samsung s7 flat second, cara melihat segel samsung galaxy s6 edge plus, cara melihat berapa lama hp di pake, cara cek hp second samsung s6, cara cek hp samsung seken sebelum membelinya, cara cek hape android 2nd, cara cari beli hp yang bagus, cara cara manual pengecekan saat membeli hp secend, cara beli hp seken dan tips
Idblogpedia © 2014 - 2017