Idblogpedia

Update terkini seputar bisnis, herbal, obat, vaporizer dan informasi umum lainnya.

Cara Buat Flavor Vapor Sendiri

PERINGATAN! Tidak di sarankan untuk membuat ini bagi Anda yang kurang mengerti, bahkan tidak mengerti pembuatan flavor sendiri. Do It By Your Own Risk. Jika Anda menggunakan materi artikel ini, maka segala resiko adalah milik Anda. Di sini saya hanya membagikan pengetahuan dasar pembuatan flavor.

Cara Buat Flavor Vapor Sendiri
contoh flavor import

Cara Buat Flavor Vapor Sendiri – Membuat flavor untuk vapor tentu harus food grade. Oleh karena itu, kita akan mempelajari cara membuat flavor sendiri. Membuat flavor adalah sesuatu yang rumit dan sulit, tetapi untuk sebagian bahan makanan bisa di buat jadi flavor bubuk atau cari dengan sedikit teknik.

Cara Buat Flavor Vapor Sendiri


Karena pembahasan saya untuk vapor / personal vaporizer a.k.a rokok elektrik, maka membuat flavor ini adalah sebagai pelengkap dari pembuatan e-liquid.

Baca Juga: Cara Membuat DIY E-Liquid

Bahan dasar e-liquid ada 3 yaitu: PG, VG dan Flavor. Dengan adanya ketiga bahan dasar tersebut, kamu bisa membuat sebotol e-liquid sendiri.

PG atau Propylene Glycol bisa di beli di toko bahan kimia. VG atau Vegetable Glicerin juga bisa di beli di toko bahan kimia atau bisa juga beli di toko kue. Flavor bisa di beli di toko bahan kue, tetapi tidak di rekomendasikan membeli flavor kue apabila tujuannya adalah sebagai bahan vape / vapor karena satu dan beberapa hal.

Kenapa Membuat Flavor Sendiri

Flavor yang di beli di toko bahan kue biasanya sudah di campur berbagai bahan lain seperti pewarna, pengawet, dsb. Zat-zat yang kurang kita kenal tersebut bisa berdampak pada uap vape yang tidak enak, atau bahkan masalah serius terhadap kesehatan.

Membuat flavor sendiri bisa menghindari hal tersebut. Selain itu membuat sendiri flavor tentu membutuhkan harga yang lebih murah daripada membeli ekstrak flavor. Manfaat lainnya adalah meningkatkan kreativitas, dan bisa digunakan sebagai bahan membuat e-liquid yang di inginkan.

Contohnya, kamu ingin membuat flavor rasa kedongdong. Karena belum ada yang jual ekstrak kedongdong, maka kamu bisa buat sendiri flavornya kemudian setelah ada flavor, kamu bisa DIY E-Liquid sehingga jadilah E-Liquid rasa Kedongdong!

Membuat Flavor sendiri sebenarnya adalah suatu hal yang sulit, jika di bandingkan dengan membeli. Tetapi sebagian orang memang ingin mencoba membuatnya sendiri. Sebenarnya, dalam perusahaan pembuatan essence flavor, butuh teknologi tingkat lanjut untuk membuat jadi sebuah essence.

Kerugian Membuat Flavor Sendiri

Kualitas ekstrak flavor buatan sendiri sulit di sandingkan dengan flavor yang di ekstrak dengan mesin khusus pengekstrak flavor.
Apabila pembuatan flavor salah atau gagal, maka akan menderita kerugian waktu dan materi.

Keluar dari manfaat dan kekurangan membuat flavor sendiri, jika kamu merasa ingin membuat sendiri flavor untuk vapor kamu, maka langkah-langkah pembuatan flavor (homemade) berikut bisa di tempuh.

Persiapan Bahan
Siapkan bahan untuk membuat flavor. Flavor yang saya bahas dalam artikel kali ini adalah flavor buah-buahan.

Contoh buah kali ini adalah Mangga

Cara Buat Flavor Vapor Sendiri
gambar buah mangga

Konsep membuat Flavor Homemade ini adalah untuk mendapatkan ekstrak rasa dari bahan yang di inginkan. Untuk mendapatkan ekstrak rasa mangga, maka bahan yang kita perlukan adalah:

1. Sebotol vodka dengan kandungan alkohol 40%
2. Buah Mangga secukupnya
3. Botol Kaca Rapat

Cara Membuat Flavor
1. Kupas mangga secukupnya
2. Masukkan vodka dalam botol kaca
3. Masukkan daging mangga yang sudah di kupas ke dalam botol kaca
4. Tutup rapat botol tersebut.
5. Simpan dalam ruangan gelap dengan suhu ruangan selama 2 – 3 hari.
6. Kocok botol kaca sehari 2 – 3 kali
7. Setelah 3 hari, buka botol tersebut
8. Selamat! Kamu telah berhasil membuat flavor buah mangga sendiri!

Flavor yang sudah jadi belum bisa di gunakan apabila aroma dari flavor masih belum keluar. Simpan kembali jika kamu merasa ekstrak flavor ini masih belum cukup kuat.

Untuk mengambil ekstrak flavor yang sudah jadi, gunakan sendok kuah yang bisa masuk kedalam botol untuk mengeluarkan secara perlahan flavor yang sudah jadi. Mangga yang mengendap masih bisa dikonsumsi, tetapi mangga tersebut biasanya sudah tidak ada rasa.
Saya sarankan agar mangganya di buat jadi manisan kering saja.

Pengetahuan Tambahan
Flavor buatan sendiri menggunakan Vodka sebagai pengekstrak rasa sekaligus sebagai pengawet flavor. Flavor yang di buat dengan cara ini sebaiknya dibuat dengan konsentrat tinggi agar bisa meminimalisir penggunaan untuk vapor. Caranya agar flavor semakin berkonsentrat tinggi adalah menambah waktu steeping.

Penggunaan flavor ini untuk vapor sebaiknya tidak banyak, karena bisa menyebabkan puyeng kepala. Penyebabnya karena ada kandungan alkohol pada flavor buatan sendiri ini. Silahkan komentar bagi kamu yang berhasil membuat flavor sendiri. Kalau punya saya masih tahap steeping 😀

Update Terkait:

cara membuat vapor, cara membuat vapor sendiri, cara membuat vape dari bahan bekas, cara buat vapor, cara buat vape sendiri, cara buat vapor sendiri, cara bikin vapor, cara bikin vape, membuat vapor, cara membuat vapor sederhana, membuat vapor sendiri, bikin vapor sendiri, merakit vapor sendiri, membuat vape sendiri, cara membuat vaping, cara merakit vapor, cara bikin vape sendiri, membuat vape, cara bikin vapor sendiri, bahan membuat vapor
Bagi Agan yang telah menghubungi saya via whatsapp, saya ucapkan mohon maaf sementara saya tidak bisa membalas chat kalian via whatsapp karena saya sedang tidak punya akses ke whatsapp saya. Saya akan membalas pertanyaan via kotak komentar, terima kasih.
Saya pasti akan balas komentar agan, oleh karena itu Bookmark artikel yang agan komentari agar agan lebih mudah melakukan pengecekan ketika saya telah membalas komentar agan.

Dapatkan lebih banyak artikel seperti ini dengan berlangganan melalui email.

Masukkan Email Kamu:

jumlah subcriber

58 Comments

Add a Comment
  1. gan..
    artikel agan sangat-sangat membantu..
    cuma ada beberapa hal yg masih saya pikirkan..
    apa Flavour, PG & VG itu ada merk khusus dalam pembuatan liquid?
    karena teman saya pernah coba menggunakan produk PG&VG merk BR**** kog jadi apek baunya..
    kasih masukan donk gan soal merk dan dimana saya harus cari..
    kasian dompet kalo tiap hari belanja liquid mulu..
    makasih sebelumnya..

    klo berkenan whatspp saya di
    085713030223

    1. Maaf baru balas komentarnya karena blog ini kesusup banyak komentar spam, dan saya baru cek satu-satu. Saya sudah balas via SMS ya gan. Dan memang sebenarnya tidak masalah untuk VG&PG mau beli dari mana. Yang terpenting adalah Food Grade. Buat kita-kita yang kantong mahasiswa, saya sarankan beli VG&PG di Bratach** dengan merek DOW. Untuk Flavor, bagusnya pakai yang merek TFA gan. Memang agak mahal harganya, tetapi sekali beli 30ml, bisa buat liquid sampa seliteran gan. semoga bermanfaat ya gan dan keep DIY E-liquid.

  2. saya udah coba bikin flavor buah pisang.tapi bagian vodka saya ganti dengan ciu bekonang,karna kebetulan di tempat saya susah cari vodka dan kebetulan deket dengan pusat industri ciu hehee.
    pertanyaan saya,kok si buah jadinya hancur sehingga jadi kayak bubur.jadi gak bisa di ambil bagian beningnya.saya coba campur si bubur tadi (skitar 0,5%) dari jumlah total liquid 10ml.rasa dan harumnya pisang banget bau ciu nya hilang,tapi koil jadi langsung gosong dan kapas jadi coklat.
    terus gimana biar si flavor tadi jadi agak bening,biar nggak bikin gosong koil.mohon masukannya master.
    jika berkenan bisa add line saya id : kupe21
    makasi

    1. Sebelumnya saya ucapkan selamat atas eksperimennya ya gan, walaupun masih gagal. Pisang mengandung glukosa. Glukosa pisang itu gula alami. Gula jika dipanaskan akan mengkristal / mengalami proses karamelisasi. Untuk itu, agan harus bisa menghilangkan kadar gulanya. Coba agan baca ini: http://id.wikihow.com/Membuat-Buah-Kering

      Pisang harus di keringkan dahulu untuk mengeluarkan glukosanya (walau tidak semua). Setelah kering, bisa coba rendam lagi ke vodka / ciu.

  3. Masta kalo misal bahan vodka nya di ganti dengan alkohol 70% bisa kah?
    Mohon saran nya mastaa.. Thanks

    1. Vodka kandungan alkohol rata-rata 40%, lebih dari itu belum pernah saya coba. Silahkan di tes saja dahulu. Dan ingatlah selalu mencatat ya, dan jika bisa silahkan share ke sini untuk hasilnya nanti 🙂

  4. kalo pake arak bisa gak master?

    1. Arak jenis apa ini gan?

  5. boleh saya minta no agan?

    1. Skype saja bisa gan? Silahkan tinggalkan emailnya akan saya email ke agan ya.

  6. Ada Line / BBM om?

    1. Skype saja bisa gan? Silahkan tinggalkan emailnya akan saya email ke agan ya.

  7. arak bali dari pohon aren gan,

    1. Kalau dari pohon aren punya sebaiknya jangan, karena ntar tercium aroma araknya juga. Flavor bisa hancur gan 🙂

  8. saya bikin e liquid sendiri..yp hsilnya ada kya bau kimia gitu..kalau baru jadi emang seperti itu y..

    1. Bau kimia seperti apa gan? bahan-bahannya pakai apa saja gan?

  9. Flavor yg di ekstrak pakek vodka apa udah langsung bisa di pakek buat vapor bro ?
    Apa perlu di campur cairan lainya ?

    1. Campur PG kalau konsentratnya terlalu kuat gan.

  10. gan kl bli tfa didaereh jogja tau ga???cz trs terang q ksusahan cari yg merk tfa

    1. TFA cari online saja gan, di toped atau bukalapak. Cari di pertokoan tentu susah gan, karena impor essence itu memang tujuannya untuk buat liquid gan.

  11. gan, kalau bikin flavor dari tembakau caranya sama apa beda?
    karena saya masih menyimpan beberapa cerutu dan pengin tak jadiin liquid.

    and than once more, kalau mau bikin liquid rasa whisky apakah tinggal di campurkan saja apa gimana?

    1. Buat flavor dari tembakau beresiko gan, sebaiknya beli saja dari yang sudah ada.
      Rasa whisky saya belum pernah buat, tapi bisa dicoba untuk menguapkan kandungan alkoholnya dahulu baru ekstraknya di campur ke base.

      1. Beresikonya gimana gan?
        Terus kalau yang pakai whisky tanpa di ekstrak bisa?

        1. Beresiko gagal dan keracunan gan. Sebab tembakau mengandung nikotin dan nikotin itu beracun. Whisky tanpa ekstrak tidak di sarankan gan.

  12. bos kalau buat flavornya dari vodka terus dikasih kya marimas rasa apa lahh terserah ya kya contohnya mungkin marimas rasa mangga lahh tapi engga dikasih buah mangganya apa bisa yah

    1. Seharusnya sih bisa, tetapi, untuk sisi keamanan e-liquidnya jadi tanda tanya ( bisa jadi berbahaya ), dan untuk pemakaiannya akan mudah gosong karena minuman sachet cenderung pakai pemanis buatan seperti aspartam dan sakarin yang
      kembali lagi, sisi keamanannya jadi tanda tanya.

  13. Bagaimana kalau diextrak pakai co2 cair lalu extrak disaring pakai kain penyaring 0.3. Micron

    1. Wah, belum pernah coba gan. Jika ingin gunakan cara tersebut tidak bisa sembarangan. Wajib sudah punya peralatan yang memadai, serta prosedur yang tepat. Selamat bereksperimen gan. Nanti komen hasilnya di sini gan.

  14. Gan ane tertarik nih buat falvour yg rasa whiskey, itu cara ekstraknya gmn yah? Bisa tolong jabarin step by stepnya ga?

    1. Maaf, rasa Whiskey saya belum pernah coba buat gan.

  15. gan kalau vodka nya diganti sama PGA (puregrain alcohol) apakah bisa?
    karna nyari vodka lumayan susah he he he

    1. Bisa gan, coba di tes ya.

  16. Bagaimana cara memnersihkan bekas liquid biar botol netral lagi dan bisa buat wadah liquid rasa lain

    1. Bersihkannya pakai sabun cuci piring gan, setelah di cuci, di jemur sampai benar-benar kering baru bisa di gunakan lagi. Pastikan botol bersih sebelum di isi dengan liquid lain.

      1. gan liquid bukanya yang untuk bilas baju itu ya?

        1. Bukan itu gan.

  17. Gan..klo bkin flavour sendiri n gk ada vodka,alkoholnya yg brp persen gan..

    1. 40% keatas gan.

  18. gan,kalau untuk essense yang beraroma susu atau creame biasanya cara buat nya gimana yah?
    kalau dari bahan buah kan simple tuh.
    trs kalau yv creamy” bahan nya apa ya?apa sama cara pembuatan nya gan?

    1. Kalau yang susu dan creame itu diluar pengetahuan saya gan, sebab butuh alat yang memadai untuk bisa produksi itu jenis 🙂

  19. Gan saya minta kontak nya dong, mau konsultasi

  20. Kalo bikin pake essencenya dari sirup gitu kaya marj*n misalnya, bisa gak ya bang? Apa bahaya di pemanis dari sirupnya ya?

    1. Ga bisa gan, sebab sirup pemanisnya banyak. Saya pernah coba juga dulu, ketika awal belajar diy. Setelah siap, saya sedot sekali langsung berkerak itu coilnya. Di ketawain teman-teman semua. Hahaha..
      Akhirnya itu eliquid gak bisa di pake,, dan di buang karena mengundang semut.

  21. Gan klo situ udah berhasil bisa bikin sendiri coba saya mau rasain donk liquid home made ente gan rasa apa aja terserah yang penting aman sisanya ane Tf daaghh..

  22. Kl buat essence dari sayuran spt dari daun mint apa caranya sama spt ke buah?

    1. Beda gan caranya. Saya tidak lagi membuat flavor sendiri melainkan beli yang impor. Sebab, buat sendiri sering gagal juga gan, banyak faktornya.

  23. Master Kalau Pakaii alcohol 80% trus dicampur pop ice rasa apa gtu bisa gk

    1. Ga bisa gan.

  24. gan kalau enggak pakai alkohol apa bisa bikin liquid?

    1. Ini untuk buat flavor / essencenya, kalau mau tidak pakai alkohol wajib ada alatnya dan itu mahal sekali.

  25. Hallooo suhu, saya sangat tertarik sekali untuk eksperiment setelah baca blog ini,tapi saya mau tanya nih..semisal kita tidak usah meng estrak menggunakan buah fresh ke dalam vodka ,namun langsung saja menggunakan minuman beralkohol yang sudah ada rasanya, contoh : vodkavibe ,vodka V2 ,cherrybrandy atau mixmax yang banyak varian rasanya ,bagaimana suhu ? Apakah bisa ?

    1. Coba di cek kandungan minumannya. Kalau komposisinya ada pemanis, pengawet, pewarna, sebaiknya jangan. Kalau kelas wine / wiski / vodka seharusnya bisa. Awas puyeng kepala kena alkoholnya. 😀

  26. Gan kalo vodka diganti pake alkohol murni apa bisa buat ekstrak essen

    1. Bisa gan. Perlu di ingat, ekstrak flavor sendiri pakai alkohol sangat rentan gagal ya.

  27. Gan kl pakek durian gimana gan?kan buah itu jg mengandung alkohol?

    1. Saya belum pernah coba gan, tetapi seharusnya bisa ya melihat karakter buah duren yang aromanya sangat menyengat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Idblogpedia © 2014 - 2017