Rasa E-liquid Hilang Saat Vaping, Inilah Penyebab dan Solusinya

SHARE THIS :

Rasa E-liquid Hilang Saat Vaping, Inilah Penyebab dan Solusinya – Pernahkah Anda saat vaping tiba-tiba rasa e-liquid / eliquid yang di vape hilang? Jika poernah, berarti Anda adalah salah satu orang yang suka chain vaping. Kebanyakan vapers merasakan e-liquid / eliquid yang dibelinya atau dibuat sendiri tiba-tiba hilang rasanya. Apa penyebab dan solusinya? Kali ini idblogpedia akan mengupas tuntas rasa e-liquid hilang saat vaping, inilah penyebab dan solusinya.

Chain Vaping Nikmat

Merasakan vaping memang sesuatu yang nikmat, apalagi sudah berhasil meninggalkan rokok selamanya. Orang-orang yang baru mendalami dunia vaping tentu akan merasa lebih nikmat vaping daripada merokok. Walaupun tidak sedikit yang mengatakan vaping tidak senikmat rokok.

Chain vaping adalah melakukan drip / inhale / vape secara terus menerus untuk mendapatkan kenikmatan yang terus menerus. Tidak ada yang salah dengan chain vaping. Hanya saja terkadang melakukan chain vaping bisa membuat tenggorokan kering sekali. Selain itu, rasa e-liquid bisa tiba-tiba hilang di ‘tengah jalan’.

Penyebab Rasa Hilang Ketika Vaping

Rasa E-liquid Hilang Saat Vaping, Inilah Penyebab dan Solusinya

Ilustrasi Rasa Vape Hilang


Ada beberapa penyebab rasa hilang ketika Anda vaping. Salah satu yang paling sering adalah karena chain vaping. Itulah sebabnya saya tulis dahulu tentang chain vaping yang nikmat. Memang nikmat melakukan chain vaping, tetapi ya, itu, rasanya bisa tiba-tiba hilang.

Rasa E-liquid Hilang Saat Vaping, Inilah Penyebab dan Solusinya

1. Chain Vaping Bikin Rasa Hilang

Chain vaping adalah salah satu penyebab rasa eliquid yang di vape hilang. Hal ini tidak bisa di pungkiri dan sering terjadi. Bukan tanpa dasar saya menulis ini, melainkan karena sudah banyak kejadian dari teman-teman vapers yang mengatakan begitu.

Ketika Anda vaping bisa di katakan melakukan chain vaping adalah ketika Anda drip / inhale lebih dari 5 kali berturut-turut. Setelah drip / inhale 5 kali, Anda berhenti sebentar sampai atomizer sedikit dingin. Setelah itu, Anda drip / inhale lagi, vape sampe puyeng. Tiba-tiba rasa eliquidnya samar kemudian hilang, hambar, kosong dan tidak ada apa-apa. Kenapa bisa demikian?

Penyebabnya adalah tidak ada ganti rasa eliquid ketika chain vaping. Hal ini sering terjadi pada pengguna RTA / RDTA. Sebab, mereka tentu tidak bisa dengan cepat ganti rasa ketika tank masih ada sisa eliquid yang masih banyak. Mereka cenderung akan drip / vape sampai tank kosong baru ganti eliquid.

2. Tidak Ganti Rasa E-liquid

Saya sebelumnya sudah bilang karena chain vaping dan karena tidak ganti rasa ketika chain vaping maka rasa e-liquidnya hilang. Tidak hanya pemakai RDTA / RTA, banyak pemakai RDA yang bisa merasakan hal demikian. Bahkan bagi yang tidak chain vaping juga bisa merasakan rasa e-liquid tiba-tiba hilang, kosong, hambar.

Penyebab utama dari semuanya adalah karena saraf pembau / pencium aroma menjadi kebal terhadap essence yang ‘dirasakan / dicium / dibaui’ secara terus menerus. Lihat gambar sarafnya dibawah ini:

Saraf Pencium

Saraf Pencium yang Saya Beri Tanda Kotak Merah

Saraf yang saya beri tanda kotak merah itu adalah saraf yang bertanggung jawab memberikan ‘sensasi’ rasa dari essence yang Anda rasakan ketika vaping. Saraf tersebut ketika diberikan rasa yang terus menerus melalui vaping, akan menjadi kebal terhadap rasa tersebut. Nah, sekarang sudah tahu kan penyebab e-liquid yang Anda pakai kok tiba-tiba tidak ada rasanya.

So, apa solusinya?

Solusi Rasa E-liquid Hilang Ketika Vaping

Solusi yang paling sering itu adalah dengan mengganti e-liquid Anda. Tetapi banyak juga kasus dimana setelah ganti e-liquid, maka rasa e-liquid yang kebal tadi tetap tidak terasa.

Agar mudah di pahami, saya jelaskan dengan contoh.

Solusi Pertama: Ganti E-liquid Lain

Coba perhatikan seksama contoh kasus beserta solusinya:

Andi vaping e-liquid merek Idblogpedia dengan rasa Susu Stroberi. Setelah 100 kali Puff (inhale – exhale), tiba-tiba rasa susu stroberinya hilang. Andi mengganti e-liquidnya dengan merek Om Ganteng dengan rasa Vanila Banana. Kemudian setelah 100 kali Puff, rasa vanila banana-nya hilang. Andi kembali menggunakan e-liquid merek Idblogpedia dengan rasa susu stroberi tadi, kemudian rasa susu stroberinya jadi terasa.

Catatan: merek e-liquid yang saya sebut cuma merek fiktif.

Solusi Kedua: Ganti E-liquid Tembakau

Kali ini Andi mencoba vaping kembali dengan e-liquid merek Idblogpedia dengan rasa Susu Mangga. Setelah 100 kali puff, rasa susu mangga hilang. Andi mengganti dengan e-liquid merek Paman Ganteng yang mempunyai rasa Melon Dingin. Setelah 100 kali puff, rasa melon dingin hilang. Kemudian ganti kembali dengan rasa Susu Mangga merek Idblogpedia. Ternyata Rasa Susu Mangga juga hilang ! Oh my god!

Andi panik ! Apa yang terjadi? E-liquidnya semua tidak berasa, apakah saraf penciuman Andi rusak?

Sebenarnya saraf penciuman Andi tidak rusak melainkan kebal terhadap kedua rasa dari e-liquid yang telah dia gunakan. Jadi, apa solusinya?

Solusi paling murah adalah dengan mencicipi satu batang rokok biasa. Setelah itu, rasa kedua e-liquid biasanya akan kembali lagi terasa. Tetapi kalau Anda adalah seseorang yang sangat ‘anti tembakau’, maka bisa coba dengan menggunakan e-liquid yang mempunya rasa ‘tembakau’.

Sudah banyak orang yang mencoba trik ini dan berhasil. Jika ternyata menggunakan ‘tembakau’ juga tidak bisa menyembuhkan kekebalan rasa pada e-liquidnya, maka solusi lainnya adalah berhenti vaping untuk 1 – 2 hari dahulu.
Semoga informasi rasa e-liquid hilang saat vaping, inilah penyebab dan solusinya ini bisa membantu Anda yang sedang kebingungan kok bisa hambar rasa e-liquid yang digunakan. Oh iya, selalu ingat untuk tidak menyalahkan e-liquidnya terlebih dahulu, melainkan carilah solusi ketika rasa e-liquidnya tidak terasa.

Update Terkait:

penyebab rasa liquid tidak terasa, liquid terasa hambar, apa penyebab vape jadi tidak enak, apakah rda mengpengaruhi rasa liquid, liquid vapor kenapa rasanya serik ?, liquid vape jadi hambar, lidah mati rasa karena vapor, kenapa vapor rasa hambar dan air, kenapa vape kita rasa nya tidak dapat, kenapa liquid tidak terasa, kenapa liquid di vape terasa pahit, kenapa liquid, cara pakai liquid agar terasa di mulut, cara menyimpan liquid, cara menjaga liquid, cara mengubah aroma pada liquid vape, cara mendapatkan rasa vape, cara ampuh mengatasi vape tongue, cara agar vaping muncuk rasa liquid, vapor pahit

The Author

Jago Website

Seorang penulis yang suka dengan SEO, Blogging, Vaping World. Mendalami PHP, CodeIgniter, Javascript, Mysql. Seorang programmer, blogger, vapers.
Maaf! Sementara Admin belum bisa membalas komentar-komentar baru ya. Jika butuh jawaban cepat sebaiknya langsung via email aja ke [email protected]

4 Comments

Add a Comment
  1. waduh gan ane udah gonta ganti liquid tetep ga krasa .. udah nyoba roko tembakau juga sama.. pake liquid tembakau (j*wa) terus balik lagi tetep ga krasa.. tolong ane gan kembalikan kenikmatan ngevape aneeee !!! #lebay dikit

  2. Stop 3 hari dulu.

  3. Satria Rangga Geni

    Makasih gan infonya…sangat bermanfaat bagi seorang newbie seperti saya ini.

  4. Senasib gan ane jg gt malah dilidah ane terasa agak licin seperti makan gajih daging n liquid hambar banget syedih banget mungkin terlalu sering ngebul

    Iya terlalu sering ngebul dalam 1 rasa eliquid bakalan begitu. Kemarin itu saya beli e-liquid rasa mangga dan baru 5x puff saja rasa mangganya hilang. Hahaha..paksa ganti e-liquid deh baru bisa kembali lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Idblogpedia © 2014 - 2017