Cara Cepat Sukses Usaha Warnet dan Kelebihan Bisnis Warnet

Cara Cepat Sukses Usaha Warnet dan Kelebihan Bisnis Warnet – Terlepas dari artikel sebelumnya yang condong dibuat untuk tujuan kontes dan pembiayaan blog ini, kali ini saya akan bahas kiat bisa cepat sukses jika berbisnis warnet. Seperti yang kita ketahui bahwa perekonomian di Indonesia kian berkembang setiap harinya.

Cara Cepat Sukses Usaha Warnet

Cara Cepat Sukses Usaha Warnet
Perkembangan teknologi sangat sarat akan kebutuhan internet. Lihat saja, setiap harinya, ada miliaran manusia di muka bumi yang berinteraksi melalui internet. Pesan singkat, pembicaraan yang gratis, video antarmuka, dan berbagai teknologi mendukung hiburan, bisnis, dan kehidupan sosial manusia adalah berkat jaringan internet.

Tidaklah heran, melalui internet juga, seorang guru yang miskin bisa dalam waktu cepat menjadi seorang jutawan. Contohnya adalah Jack Ma, sebelum sukses, dia adalah seorang guru yang hidup dengan penghasilan pas-pasan. Kini dunia mengenal Jack Ma sebagai salah satu orang terkaya di China. Menakjubkan!

Baca juga : Bisnis Apa yang Cepat Menghasilkan Uang

Berita-berita dan informasi penting bisa dengan cepat di akses melalui internet. Semua serba cepat, instan dan mudah. Bahkan kini, banyak sekolah mengajar siswa melalui jaringan internet.

So, berbicara internet sangat lekat dengan warung internet atau yang di singkat warnet. Warnet adalah salah satu bisnis yang berkontribusi dalam perkembangan banyak bisnis. Saya, salah satunya bisa menjadi seorang blogger profesional berkat dulunya sering nongkrong di warnet.

Informasi dan akses sangat mahal kala itu. Bermain di warnet adalah termurah dengan mengambil paket internet. Saya sering mengambil paket, 4 Jam hanya 10rb. Terasa murah bagi seorang siswa sekolah SMA. Sekarang bagaimana? Rasanya saya tidak pernah mau menginjakkan kaki ke warnet karena banyak sekali virus bercokol di komputer-komputer warnet. Itulah kekurangan warnet.

Berikut saya informasikan terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan bisnis Warnet.

Kelebihan Bisnis Warnet

1. Kerja Ringan

Well, bagi pemilik warnet biasanya tidak banyak bekerja setelah adanya operator yang jaga warnet. Jikapun Anda sendiri yang jaga, maka biasanya kerjanya hanya buka billing dan tutup billing. Ringan, tidak perlu angkat beban dan stres berat.

2. Penghasilan yang Besar

Jika sudah punya banyak pelanggan tetap, maka sebuah warnet bisa menghasilkan uang yang tidak sedikit. Satu warnet dengan 20 komputer, perbulan bisa menghasilkan rata-rata diatas 30 juta dengan asumsi warnet ramai setiap hari.

3. Maintenance Murah

Zaman sekarang banyak warnet memakai jasa maintenance yang murah. Persaingan teknisi komputer yang ingin menjaring warnet, tentu membuat harga maintenance di warnet kian murah. Hal ini membuat pemilik warnet rata-rata bebas cemas. Jika ada error, tinggal call teknisi saja.

Kekurangan Bisnis Warnet

Ada kelebihan maka ada kekurangan. Hal itu sudah rumus dasar dari di dunia bisnis.

1. Omset Kecil Jika..

Jika Anda menyewa tempat untuk dijadikan warnet, maka harga sewa tempat akan mahal dan mengurangi omset Anda.

2. Beresiko Turun Omset Lebih Besar

Jika Internet Warnet Anda putus atau bermasalah, maka tidak akan ada pelanggan yang mau main. Warnet dihidupkan oleh internet, jika tidak ada internet maka namanya tentu bukan warnet melainkan warnong (warung nongkrong)

3. Beresiko Rugi Karena Kerusakan

Kerusakan jaringan, alat komputer, perangkat komputer sampai error seringkali menghantui warnet.

4. Beresiko Rusuh
Sudah pernah lihat di facebook, banyak kerusuhan terjadi di warnet? Well, karena suatu permainan saja, bisa terjadi banyak kerusuhan. Itu karena kebanyakan pemain di warnet adalah pelajar sekolahan yang masih labil. Siap-siap saja jika ada pelanggan yang teriak2 maki2, bisa pemicu kerusuhan itu.

5. Beresiko Ditutup Jika..

Jika Warnet Anda adalah warnet tertutup yang mendukung terjadinya hal maksiat, maka siap-siap di tutup oleh polisi maupun ormas-ormas garis keras. Selain itu, seringkali ada razia di warnet yang membuat omset akan menurun tajam.

Meningkatkan Mutu dan Kualitas Warnet dengan Cara Sederhana

Sebenarnya banyak sisi dari warnet yang bisa kita tinjau untuk dimasukkan kelebihan dan kekurangannya. Namun, karena fokus artikel ini adalah Cara Cepat Sukses Usaha Warnet, maka akan langsung saja saya tulis inti topiknya. Perlu diingat, setiap usaha warnet punya ‘hoki’ masing-masing yang berlandas atas banyak faktor, sehingga tidak satu atau dua diantara tips cara sukses yang mungkin bisa manjur.

1. Siapkan Promo

Buat promo menarik akan meningkatkan jumlah pelanggan warnet anda. Promo menarik seperti main 2 jam, bonus 1 jam atau contohnya, main paket 5 jam, bonus teh botol 1. Pintar-pintar membuat promo dan pastikan tidak rugi jika promo di jalankan.

2. Percepat Internet

Upgrade jaringan internet kamu agar menjadi lebih cepat. Rata-rata kecepatan akses internet di warnet yang layak adalah sekitar 300KB/s (KB = KiloBytes, bukan kilobit ya). Kecepatan internet seperti ini akan membuat orang betah utk akses fb, buka youtube, dan main games. Jika memungkinkan, kecepatan 1MB/s adalah yang terbaik.

3. Upgrade Komputer

Kebutuhan games zaman sekarang semakin berat. Untuk mengimbanginya, upgrade sana Processor, RAM, dan VGA komputer kamu. Jangan cuma yang gitu-gitu saja, ntar di bilang itu komputer kalengan lho. Minimal sebuah warnet yang ramai itu harus punya Processor i3, RAM 4GB, dan VGA 2GB atau lebih.

4. Tempat yang Strategis dan Nyaman

Ruang warnet yang ber-AC akan menang daripada AC yang pakai kipas angin. Selain itu, tempat yang pas pencahayaannya serta dekat dengan tempat ramai akan lebih cepat naik omsetnya daripada yang berada di tempat sulit terjangkau.

Selalu maksimalkan bisnis warnet Anda dengan melakukan sumbangan ke tempat ibadah dan panti asuhan. Jika memungkinkan, lakukanlah sumbangan sosial kepada yang membutuhkan dengan rutin dan konsisten, maka Tuhan akan menaikkan rejeki Anda dan membuat hidup Anda lebih makmur dan sejahtera.

Idblogpedia © 2017